Lolos Interview Waiter Dengan Contekan Ini

Lolos interview waiter

Daftar pertanyaan dan jawaban di bawah ini bisa membantu kamu agar lebih mudah untuk lolos interview waiter.

Artikel ini akan membantumu untuk mengetahui pertanyaan apa yang biasanya sering diterima saat menjalani interview untuk menjadi waiter dan beberapa contoh jawaban baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Kamu tidak usah menghabiskan waktumu untuk mencari ke informasi ini ke berbagai sumber, sebab saya sudah menyiapkan daftar pertanyaannya untuk kamu baca.

Saya harap kamu lebih siap dalam menghadapi wawancara dengan pertanyaan dan jawaban yang diberikan.

Yuk, langsung simak informasinya di bawah ini!

Pertanyaan Dalam Interview Waiter Serta Contoh Jawabannya

Apa saja pengalamanmu dalam melayani pelanggan dan apa hubungannya dengan pekerjaan ini?

Pertanyaan pertama yang mungkin ditanyakan oleh rekruter adalah apa saja pengalamanmu yang ada hubungannya dengan indsutri pelayanan.

Ketika mendapat pertanyaan ini, sebaiknya persiapkan jawaban yang tidak tertulis dalam CV-mu.

Alasannya, rekruter pasti sudah membaca daftar pengalamanmu sebelum mengajakmu datang untuk wawancara.

Kamu bisa menggunakan contoh jawaban berikut :

“Sesuai dengan apa yang saya tulis dalam CV, saya mempunyai sejumlah pengalaman dalam bekerja sebagai seorang customer service di sebuah perusahaan yang begerak dalam bidang teknologi. Di perusahaan tersebut, saya setiap hari merespon panggilan yang masuk baik pertanyaan maupun keluhan pelanggan. Saya yakin pengalaman itu membuat disi saya menjadi lebih terlatih dalam berkomunikasi dengan efektif dan sopan terhadap setiap orang yang akan saya temui”

“As written in the CV that I submitted, I have experience as customer service at a company in the technology sector. At the company, everyday I respond to any incoming calls, both questions and customer complaints. I believe that experience has made me more trained in communicating effectively and politely to everyone I meet”

Ketika kamu harus menangani keluhan pelanggan yang merasa tidak puas atau marah, seperti apa situasinya dan bagaimana sikapmu?

Diantara hal yang harus ditangani oleh waiter dan waitress adalah adanya pelanggan yang merasa tidak puas atau lebih parahnya marah karena sesuatu.

Terkait dengan pertanyaan ini, menurut Indeed, kamu harus menunjukkan bahwa kamu tetap tetang dan mampu mengelola emosimu meskipun sebetulnya tidak ada kesalahan yang kamu perbuat.

Tentunya rekruter akan menerima kandidat yang lebih bersedia membantu orang lain walaupun orang yang dihadapi terlihat tidak ramah.

Jadi, kamu bisa menjawab dengan kalimat seperti ini :

“Ketika saya diharuskan untuk menghadapi pelanggan yang menyampaikan keluhannya, saya akan bersikap tenang dan tidak terbawa emosi pribadi. Saya coba untuk memecahkan masalah yang diterima sesuai prosedur yang berlaku. Saya pernah menghadapi klien yang merasa kecewa karena pesanannya masih belum sampai. Saat itu, saya menghadapinya dengan pikiran tenang dan mengikuti prosedur serta membantunya dengan cara mengkonfirmasi langsung ke ekspedisi terkait. Akhirnya saya berhasil menghubungi kurir yang bertugas langsung dan ia pun segera mengantar pesanan tersebut.

“When I ought to face a client who submits a complaint, I will continue to be calm and now no longer get over excited via way of means of private emotions. I try to solve the problem according to the procedures. I have faced a client who felt disappointed because his order had not arrived. At that time, I faced him with a calm mind and followed the procedure and helped him by confirming directly to the related expedition. Finally I was able to contact the courier in charge directly and he immediately delivered the order.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Memohon Kenaikan Gaji

Bagaimana caramu menjaga agar tetap teratur ketika menerima pesanan dalam jumlah banyak?

Sebagai waiter tentunya akan menghadapi kondisi ketika pesanan ramai sehingga harus melayani banyak pesanan dalam waktu yang singkat.

Biasanya rekruter ingin mengetahui apakah kandidat yang diwawancarainya memiliki kemampuan yang baik dalam manajamen tugas ketika pesanan sedang ramai.

Jawaban ini saya adaptasi dari fliptable, kamu juga bisa menggunakannya dalam wawancara.

“Saya bisa mengelola dengan baik pesanan dalam jumlah yang banyak. Dengan kemampuan manajemen tugas yang baik sehingga bisa mengerjakan setiap pesanan dengan efektif tanpa membuang-buang waktu percuma. Setiap pesanan saya catat sehingga tidak ada yang terlupakan atau terlewat.”

“I can manage a large number of orders well. With good task management skills so I can work on each order effectively without wasting time. I record every order so that nothing is forgotten or missed.”

Apa yang membuatmu ingin bekerja di tempat ini?

Hampir setiap tempat kerja akan ada pertanyaan seperti ini, tidak terkecuali jika kamu menjalani interview waiter.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tidak boleh sembarangan. Kamu harus melakukan riset tentang tempat kerja yang kamu lamar agar bisa menjawab dengan baik.

Jawaban yang paling baik untuk pertanyaan tersebut harus menyebutkan keunggulan dari tempat kerja yang kamu lamar, menu andalan, atau bisa juga dari segi manajemennya.

“Saya suka dengan pelayanan dari restoran ini. Saya juga mendapatkan banyak kesan positif dari orang-orang yang saya kenal bahwa perusahaan ini selalu memberikan pelayanan yang baik. Oleh sebab itu, saya merasa tertarik untuk bergabung di perusahaan ini.”

“I like the service from this restaurant. I also get a lot of positive impressions from people I know that this company always provides good service. Therefore, I feel interested in joining this company.”

Seperti apa strategi dan pola pikir yang harus dimiliki untuk peran ini?

Jika kamu mendapat pertanyaan ini dalam interview waiter sebetulnya tidak usah bingung.

Jawaban paling cocok untuk pertanyaan ini adalah pola pikir yang selalu mengutamakan pelanggan dalam pekerjaan atau lebih dikenal dengan istilah customer centric.

Seperti kalimat “pembeli adalah raja”, walaupun berada di tempat makan hal itu tetap berlaku.

Tips dari Project Pratical ini bisa kamu jadikan referensi sebagai jawaban :

“Saya memahami bahwa pola pikir yang  harus dimiliki untuk peran tersebut adalah selalu mengutamakan pelanggan. Sebagai seorang pelayan tentunya kita bekerja untuk melayani orang lain dengan berbagai latar belakang. Meskipun begitu, kita harus memastikan bahwa siapapun pelanggannya bisa mendapatkan layanan terbaik dan tentunya merasa dihargai.”

“I understand it is important to have a mindset that always put the customer first. As a waiter, of course we work to serve other people with various backgrounds. Even so, we must ensure that any customer can get the best service and of course feel valued.”

Bagaimana caramu agar tetap termotivasi selama bekerja?

Motivasi kerja juga sering menjadi hal yang ditanyakan oleh rekruter dalam wawancara. Ia ingin mengetahui apa yang membuatmu tertarik dan akhirnya memutuskan untuk bekerja sebagai pelayan.

Sebaiknya kamu menjawab sejujurnya saja tentang apa yang membuatmu menyukai pekerjaan ini.

Kamu bisa menggunakan jawaban berikut :

“Saya adalah orang yang senang untuk mempelajari hal baru dan saya merasa di tempat ini bisa belajar dan meningkatkan skill. Bagi saya melihat orang lain tersenyum atas pelayanan yang saya berikat adalah sebuah kesenangan tersendiri. ”

“I am a person who likes to learn new things and I feel that in this place I can learn and improve my skills. For me, seeing other people smile at the service that I am committed to is a pleasure in itself.”

Menurutmu apa alasan menerimamu sebagai anggota kami adalah keputusan yang baik?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui sebaik apa kamu bisa bekerja dan seberapa besar kontribusi yang bisa kamu berikan.

Untuk menjawabnya kamu bisa menceritakan apa saja kelebihan yang kamu miliki sehingga dengan kelebihan itu kamu cocok untuk diterima.

Jawablah pertanyaan ini dengan percaya diri dan gunakanlah kalimat yang pasti seperti:

Kamu harus menjawab dengan rasa percaya diri dan kalimat yang

“Saya memiliki cukup pengalaman layanan pelanggan, jadi saya terlibat dan mungkin mengajari anggota lain satu atau dua hal.” Saya juga sangat percaya diri dengan keterampilan kepemimpinan saya. Jadi saya percaya saya bisa memimpin tim atau mengambil posisi sebagai pemimpin jika diperlukan .”

“I am experienced customer service, so I got involved and maybe taught the other members a thing or two.” I am also very confident in my leadership skills. So I believe I can lead the team or take a leadership position if needed.”

Baca Juga  Pilihan Bagus Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

Apa saya yang membuatmu suka dan tidak suka sebagai waiter atau waitress?

Pertanyaan ini akan membuat kandidat bingung dalam menjawab karena khawatir jawabannya salah dan membuatnya ditolak.

Tidak ada jawaban terbaik selain menjawab sejujur mungkin dan menunjukkan ketertarikanmu dalam bidang pelayanan.

Jawaban berikut bisa menjadi jawaban yang baik:

“Bekerja di bidang pelayanan memberikan pelajaran bagi saya dalam mengenal orang dari berbagai latar belakang dan memberikan kesempatan bagi saya untuk bisa mandiri. Oleh karena itu, saya menyukai bidang ini. Sisi yang tidak saya sukai dalam bekerja sebagai waiter adalah ketika harus berhadapan dengan pelanggan yang tidak mau menghargai orang lain. Walaupun begitu, saya harus tetap bersikap profesional dan mengabaikan perasaan pribadi”

“Working in the service sector has taught me how to get to know people from various backgrounds and has given me the opportunity to be independent. Because of that, I like this field. What I don’t like about working as a waiter is when I have to deal with customers who don’t want to respect other people. Even so, I have to stay professional and ignore personal feelings”

Demikian beberapa tips dari saya yang bisa kamu terapkan agar lolos dalam interview waiter. Semogabermanfaat untuk kamu yang ingin memulai karier menjadi waiter.

Saya juga nantinya akan memberikan tips lain untuk bisa lolos wawancara kerja. Mulai dari tips persiapan sebelum wawancara hingga penggunaan gaya bahasa yang baik saat interview. 

Salam, saljudingin.my.id

Referensi : Glints.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *